Wednesday, March 18, 2015

Give & Gain

"Ketika kita memberi uang kita, kita akan di kayakan. Kerika kita memberi waktu kita, kita akan disempatkan. Ketika kita memberi tenaga kita, kita akan di sehatkan. Ketika kita memberi pikiran kita, kita akan di pandaikan." 
Kata-kata tersebut selama ini masih saya yakini dan saya berusaha untuk terus membuktikanya. Akhir-akhir ini, saya mencoba untuk menantang dan membuktikan hal tersebut. Hasilnya? Sejauh ini benar.

Yang paling sering saya jumpai adalah memberi uang. Ketika saya memberi uang, untuk sedekah atau apa pun itu, pasti akan dibalas berkali-kali lipat. Hal ini pun pastinya tidak hanya saya saja yang mengalami, semua pasti pernah mengalami hal tersebut.
Namun, ada yang sadar, ada yang tidak.

Yang sadar, adalah mereka yang di "kayakan" secara cepat. Sedekah uang hari ini, besok langsung diganti berkali-kali lipat. Nah, kalau seperti ini, mudah untuk yakin. Namun, berbeda jika ketika kita sedekah, tapi tidak terjadi apa-apa. Nah hal ini kadang kala membuat kita tidak sadar. Padahal siapa tahu, Tuhan tidak membalas langsung dengan uang, namun bisa jadi dibalas dengan kesehatan, kesempatan, keluarga, waktu luang, dll.

Hari Sabtu kemarin, saya mencoba menantang Tuhan untuk membuktikan hal tersebut. Minggu lalu, saya memiliki misi yang lumayan mustahil. Kenapa mustahil? parameter nya adalah, ketika saya mengutarakan misi tersebut orang yang mendengar langsung akan berkata "Wah, tidak mungkin. Wah, sulit itu. Wah, gausah aja, dll" 

Namun, saya sudah bertekad akan membuktikan bahwa ketika saya ingin mendapatkan sesuatu yang "mustahil", maka saya harus "berinvestasi" yang tidak besar, ngasih "uang pelicin" ke Tuhan.

Ya, hari Sabtu itu saya melakukan hal-hal yang lebih dari hari-hari biasa. Saya melakukan ibadah yang tidak seperti hari-hari biasa. Saya membelanjakan uang saya sebagai "uang pelicin" agar misi saya tercapai.

Hingga menjelang sore hari, mukjizat seperti tidak terlihat. Misi tersebut masih tetap "mustahil". Sempat putus asa malah, namun saya masih terus kukuh dan yakin dan positif thinking.

Hingga akhirnya, menjelang matahari terbenam, misi saya tercapai, touchdown! Saya berhasil mendapatkan apa yang saya inginkan dengan harga yang lebih murah dan disertai bonus plus-plus yang sebelunya saya tidak duga, Saya bersyukur sekali pada hari itu. Sangat-sangat bersyukur.

Mungkin cara ini bisa kita terapkan di siatuasi apapun, saat kita ingin mendapatkan sesuatu, maka kita harus memberi terlebih dahulu.

Hal ini juga sangat saya tekankan pada teman-teman saya di komunitas StudentsCare. Komunitas StudentsCare adalah komunitas sosial dan volunteerism. Sudah pasti kita tidak akan mendapatkan banyak hal khususnya materi, malahan kita akan terus mengeluarkan uang untuk membiayai operasional komunitas.

Tapi, yakinlah. Uang yang kita keluarkan, waktu yang kita luangkan, pikiran yang kita curahkan, tenaga yang kita kerahkan semua akan dibalas indah disertai bonus-bonus yang mungkin tidak kita duga.

Wallahu a'lam.

Yang pasti dan yang saya yakini. Allah itu Maha Kaya!
Semut aja dikasih rejeki, apalagi kita.

So, jangan lelah, jangan takut untuk memberi, karena dengan memberi, kita akan mendapatkan lebih dari apa yang kita beri.

---------------------------
Postingan ini saya tujukan untuk saya pribadi, untuk menguatkan diri saya sendiri, untuk meyakinkan saya sendiri.

No comments:

Post a Comment